Skip links

China Jatuhkan Sanksi kepada Pelosi

China telah memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan keluarga dekatnya. Itu sebagai respons atas tindakannya yang disebut China « kejam » dan « provokatif. »

« Terlepas dari keprihatinan serius China dan penentangan tegas, Pelosi bersikeras untuk mengunjungi Taiwan, secara serius mencampuri urusan dalam negeri China, merusak kedaulatan dan integritas teritorial China, menginjak-injak kebijakan satu China, dan mengancam perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan, » kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Film Drama Korea pada waktu setempat.

Ini adalah respons terbaru Beijing dari serangkaian tanggapan terhadap keputusan Pelosi untuk mengunjungi Taiwan, kunjungan tingkat tertinggi oleh seorang pejabat AS dalam 25 tahun, meskipun China telah berulang kali memperingatkan.

Selama kunjungannya, Pelosi memuji demokrasi Taiwan, keberhasilan ekonomi dan catatan hak asasi manusianya. Dia juga bertemu dengan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, dan mengadakan konferensi pers bersama.

Sebagai tanggapan, China menembakkan rudal balistik dan mengerahkan jet tempur serta kapal perang pada hari Kamis, meluncurkan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan. Latihan ini mengangkangi beberapa jalur pelayaran tersibuk di dunia, di beberapa titik hanya 20 km dari pantai Taiwan.

China juga memberlakukan pembatasan impor buah dan ikan dari Taiwan, serta menghentikan pengiriman pasir ke pulau itu.

Beijing telah menjatuhkan sanksi pada sejumlah pejabat AS dalam beberapa tahun terakhir karena bertindak melawan apa yang dilihatnya sebagai kepentingan utamanya dan berbicara tentang masalah hak asasi manusia di Hong Kong dan wilayah barat laut Xinjiang, seringkali tanpa menentukan tindakan hukuman.

Pada bulan Maret tahun ini Beijing mengatakan pihaknya memberlakukan pembatasan visa pada daftar pejabat AS yang dirahasiakan yang diduga mengarang kebohongan tentang masalah hak asasi manusia yang melibatkan China.

Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, serta Peter Navarro – penasihat perdagangan mantan presiden Donald Trump – termasuk di antara mereka yang terkena gelombang sanksi Wisata Taman Laut Mempesona sebelumnya dan dilarang memasuki China serta melakukan bisnis dengan entitas China.

Partai Komunis yang berkuasa di Beijing memandang Taiwan yang demokratis dan berpemerintahan sendiri sebagai bagian dari wilayahnya dan telah berjanji suatu hari akan mengambilnya, dengan paksa jika perlu.

3000 projets Prestashop gérés par nos Experts

Recevez un Devis Gratuit
3000 projets Prestashop gérés par nos Experts